Profil

Tupoksi



(A)    Kepala Dinas mempunyai tugas :

a.       membuat perumusan kebijakan teknis dibidang Kesehatan berdasarkan kewenangan yang ada;

b.      menetapkan  Program Kerja Dinas Kesehatan berdasarkan rencana kegiatan masing-masing Bidang dan rencana kegiatan Sekretariat;

c.       memberikan pelayanan perijinan di bidang Kesehatan;

d.      memberikan pelayanan umum kepada masyarakat sesuai bidang tugasnya;

e.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

f.       memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

g.      memeriksa hasil kerja bawahan;

h.      mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

i.        menyampaikan laporan pertanggungjawaban kinerja kepada Walikota; dan

j.        melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

(B)    Sekretaris  mempunyai tugas :

a.       menyusun Program Kerja Dinas Kesehatan berdasarkan rencana kegiatan masing-masing Bidang dan Sekretariat;

b.      menyusun laporan pertanggungjawaban kinerja Dinas Kesehatan berdasarkan laporan hasil kegiatan masing-masing Bidang dan Sekretariat;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       melaksanakan pengelolaan urusan perencanaan dan informasi kesehatan;

g.      melaksanakan pengelolaan urusan kepegawaian;

h.      melaksanakan pengelolaan urusan umum dan perlengkapan;

i.        melaksanakan pengelolaan urusan keuangan;

j.        melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Sekretariat terdiri dari :

a.             Sub Bagian Perencanaan dan Informasi Kesehatan ;

b.            Sub Bagian Umum dan Kepegawaian ; dan

c.             Sub Bagian Keuangan.

 

(1)   Sub Bagian Perencanaan dan Informasi Kesehatan mempunyai tugas :

a.       menyiapkan rencana kegiatan Sub Bagian sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Sekretariat ;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Sub Bagian sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Sekretariat  ;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      menilai prestasi kerja bawahan;

e.       melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data di bidang Kesehatan;

f.       menyiapkan bahan perumusan rencana dan program kerja dinas berdasarkan rencana kegiatan Bidang;

g.      menyiapkan bahan laporan dinas sebagai bahan pertanggungjawaban Kepala Dinas kepada Walikota;

h.      menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana dalam peningkatan kinerja Dinas Kesehatan ;

i.        mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

j.        melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

(2) Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

a.       menyiapkan rencana kegiatan Sub Bagian sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Sekretariat;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Sub Bagian sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Sekretariat;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       melaksanakan urusan surat-menyurat;

g.      melaksanakan pengetikan surat menyurat dan penggandaan naskah dinas;

h.      melaksanakan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan kantor;

i.        melaksanakan urusan hubungan masyarakat, perjalanan dinas dan protokol;

j.        menyiapkan rencana kebutuhan, pengembangan dan mutasi pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan ;

k.      menyiapkan data kepegawaian;

l.        membuat laporan kepegawaian;

m.    melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas pegawai;     

n.      melakukan upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pegawai;

o.      mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

p.      melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

(3) Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :

a.       menyiapkan rencana kegiatan Sub Bagian sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Sekretariat;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Sub Bagian sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Sekretariat;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       menyusun rencana anggaran biaya langsung dan tak langsung;

g.      menyelenggarakan tata usaha keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan pedoman yang telah ditetapkan;

h.      membuat laporan pertanggungjawaban keuangan;

i.        mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

j.        melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

(C) BidangBina Kesehatan Masyarakat mempunyai tugas :

a.          menyiapkan rencana kegiatan Bidang sebagai bahan penyusunan Program Kerja Dinas Kesehatan;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Bidang sebagai bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban kinerja Dinas Kesehatan;

c.         mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai  dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.          memeriksahasil kerja bawahan;

f.          merencanakan, melaksanakan, membina, monitoring dan mengevaluasi program kesehatan ibu, anak, remaja dan keluarga pada Puskesmas, Puskesmas Pembantu, dan Unit Pelayanan Kesehatan lainnya ;

g.      merencanakan, melaksanakan, membina, dan mengevaluasi kegiatan Promosi Kesehatan dan Peran Serta Masyarakat.

h.      merencanakan, melaksanakan, membina, monitoring dan mengevaluasi  kegiatan Program Perbaikan Gizi Masyarakat ;

i.           mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan.

j.          melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Bidang Bina Kesehatan Masyarakat terdiri dari :

a.Seksi Promosi Kesehatan dan Peran Serta Masyarakat (PSM);

b.Seksi Kesehatan Keluarga ;

c. Seksi Gizi ;

(1)     Seksi Promosi Kesehatan dan Peran Serta Mayarakat (PSM) mempunyai tugas :       

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Kesehatan Masyarakat;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Kesehatan Masyarakat;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksahasil kerja bawahan;

f.       melaksanakan promosi kesehatan, penyelenggaraan pameran dan kampanye kesehatan melalui media baik tradisional, cetak dan elektronik ;

g.      merekapitulasi laporan penyuluhan kesehatan puskesmas ;

h.      menyelenggarakanforum komunikasi kesehatan ;

i.        mengkoordinir pendataan PHBSS di masing-masing tatanan dengan Puskesmas

j.        melaksanakankegiatan program UKS  ;

k.      melaksanakan pengkajian PHBS pada masing-masing tatanan ;

l.        melaksanakan pengelolaan penyuluhan di bidang kesehatan;

m.    melaksanakan koordinasi lintas program dan lintas sektoral ;

n.      menginventarisasi dan melaksanakan pembinaan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM);

o.      melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis tentang Pengobat Tradisional (Batra);

p.      melaksanakanpengelolaan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM) ;

q.      melaksanakanpembinaan pengembangan potensi peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan ;

r.        melaksanakanpengelolaan program Kesehatan Olah Raga (Kesorga);

s.       melaksanakanpengelolaan program Taman Obat Keluarga (TOGA);

t.        mengevaluasidan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

u.      melaksanakantugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(2)     Seksi Kesehatan Keluarga mempunyai tugas : 

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Kesehatan Masyarakat;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Kesehatan Masyarakat;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikanpetunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksahasil kerja bawahan;

f.       melaksanakan pembinaan usaha peningkatan kesehatan anak di masing-masing Puskesmas ;

g.      memantau kasus BBLR di Kota  Denpasar ;

h.      mensosialisasikan program kesehatan anak ;

i.        merencanakan, melaksanakan, membina, dan mengevaluasi Program Kesehatan Remaja ;

j.        melaksanakan pembinaan tentang usaha-usaha peningkatan kesehatan ibu dan KB di masing-masing Puskesmas ;

k.      melaksanakan pembinaan bidan desa / bidan puskesmas pembantu;

l.        melaksanakan Audit Maternal Perinatal ( AMP ) ;

m.    mensosialisasikan program-program kesehatan Ibu dan KB ;

n.      melacak / mencari data persalinan, kematian bayi dan ibu di rumah sakit  ;

o.      merencanakan, melaksanakan, membina, dan mengevaluasi Program Usia Lanjut ;

p.      melaksanakan rujukan medik bagi kelompok usia lanjut;

q.      melaksanakan kerjasama lintas program dan lintas sektoral ;

r.        mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

s.       melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

(3)     Seksi Gizi mempunyai tugas :   

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Kesehatan Masyarakat;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Kesehatan Masyarakat;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       merencanakan, melaksanakan, membina, monitoring  dan evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat untuk pencapaian Keluarga Sadar Gizi (KADARZI);

g.      mengadakan penyuluhan gizi masyarakat dan gizi institusi ;

h.      mengadakan kegiatan Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) dalam rangka mengantisipasi timbulnya masalah pangan dan gizi ;

i.        melaksanakan kegiatan penanggulangan kekurangan gizi, kekurangan vitamin A ( KVA ), ANEMI GIZI BESI ( AGB ), dan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium ( GAKY ) ;

j.        melaksanakan koordinasi lintas program maupun lintas sektoral ;

k.      mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

l.        melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(D) Bidang Bina Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) mempunyai tugas:

a.       menyiapkan rencana kegiatan Bidang sebagai bahan penyusunan Program  Kerja Dinas Kesehatan ;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Bidang sebagai bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban kinerja Dinas Kesehatan ;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing ;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan

e.       memeriksa hasil kerja bawahan ;

f.       menyiapkan rencana penyelenggaraan kegiatan surveilans, pencegahan, penanggulangan penyakit ;

g.      merencanakan kegiatan penelitian, penanggulangan, pengawasan penyakit, dan penanggulangan Kejadian Luar Biasa ( KLB ) penyakit  ;

h.      melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program pencegahan dan penanggulangan penyakit ;

i.        menyebarluaskan informasi cara - cara penanggulangan sumber-sumber penyakit ;

j.        mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

k.      melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Bidang Bina Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) terdiri dari :

a.       Seksi Surveilans dan Pencegahan Penyakit ;

b.      Seksi Penanggulangan Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) ;

c.       Seksi Penanggulangan Penyakit Menular Langsung (P2ML).

(1)     Seksi  Surveilansdan Pencegahan Penyakit mempunyai tugas :

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit ;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit ;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       melaksanakan kegiatan pengumpulan data penyakit di Sarana Pelayanan Kesehatan dan Masyarakat secara aktif maupun pasif ;

g.      melaksanakan kegiatan pengolahan, analisa, dan interpretasi data penyakit, serta penyebaran informasi kepada lintas program maupun lintas sektor terkait

h.      menyusun laporan mingguan dan bulanan dari puskesmas dan rumah sakit;

i.        melaksanakan penyelidikan epidemiologi penyakit di lapangan;

j.        melaksanakan pembinaan program ke puskesmas dan puskesmas pembantu;

k.      melaksanakan koordinasi baik lintas program maupun lintas sektor ;

l.        mengumpulkan bahan monitoring, evaluasi pelaksanaan vaksinasi rutin dan insidentil pada sarana pelayanan kesehatan serta menganalisa hasil penelitian penyakit ;

m.    mengumpulkan data sarana vaksinasi, pengolahan dan analisa data serta menyusun rencana kebutuhan vaksin;

n.      menyiapkan pengadaan dan mendistribusikan vaksin ke sarana pelayanan kesehatan ;

o.      menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS ) ;

p.      melaksanakan pembinaan dan supervisi ke sarana pelayanan kesehatan ;

q.      melaksanakan evaluasi pelaksanaan imunisasi di masing-masing puskesmas ;

r.        melaksanakan koordinasi baik lintas program maupun  lintas  sektor;

s.       mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

t.        melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(2)     Seksi Penanggulangan Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) mempunyai tugas :      

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit ;

b.      menyusun laporan hasil  kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       mengumpulkan bahan penyelenggaraan pencegahan,  penanggulangan penyakit bersumber binatang ;

g.      menyusun laporan penyakit bersumber binatang ;

h.      melaksanakan pengelolaan program Penanggulangan Penyakit Bersumber Binatang (P2B2);

i.        merekap serta mengumpanbalikan perkembangan kasus penyakit bersumber binatang yang terjadi ke instansi lintas sektor terkait ;

j.        melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan program Penanggulangan Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) ;

k.      melaksanakan penanggulangan penyakit bersumber binatang ;

l.        mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

m.    melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

(3)     Seksi Penanggulangan Penyakit Menular Langsung (P2ML) mempunyai tugas :        

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit ;

b.      menyusun laporan hasil  kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit ;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       mengumpulkan bahan dan penanggulangan penyakit menular langsung  ;

g.      mengumpulkan data penyakit menular langsung ;

h.      membuat laporan penanggulangan penyakit menular langsung ;

i.        melaksanakan supervisi, monitoring, dan evaluasi penanggulangan penyakit menular langsung ke sarana pelayanan kesehatan ;

j.        melaksanakan pembinaan kepada penderita penyakit menular langsung di lapangan ;

k.      melaksanakan  koordinasi  lintas program maupun lintas sektor ;

l.        menyebarluaskan informasi cara penanggulangan penyakit menular langsung secara keseluruhan ;

m.    mendistribusikan sarana dan prasarana program penanggulangan penyakit menular langsung ke sarana pelayanan kesehatan ;

n.      mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

o.      melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(E)  Bidang Bina Penyehatan Lingkungan mempunyai tugas:

a.       menyiapkan rencana kegiatan Bidang sebagai bahan penyusunan Program Kerja Dinas Kesehatan ;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Bidang sebagai bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban kinerja Dinas Kesehatan;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       mengumpulkan bahan pembinaan, pengawasan terhadap perusahaan makanan dan minuman serta pembinaan, pengarahan dan penyuluhan kepada rumah makan,  restoran, Tempat Pengolahan Makanan ( TPM ) ;

g.      mengumpulkan, mengolah serta menganalisa data kegiatan kebersihan tempat-tempat umum serta mengkoordinasikan usaha peningkatan sarana kesehatan masyarakat ;

h.      mengumpulkan, mengolah bahan pembinaan, pengawasan kualitas air dan lingkungan serta data kebersihan lingkungan pemukiman ;

i.        mengkoordinasikan kegiatan penyelenggaraan peningkatan kebersihan lingkungan pemukiman ;

j.        melaksanakan pengumpulan bahan penyelenggaraan kegiatan kebersihan lingkungan, tempat-tempat umum serta usaha peningkatan kebersihan dan kesehatan masyarakat;

k.      mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

l.        melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Bidang Bina Penyehatan Lingkungan terdiri dari :

a.             Seksi Penyehatan Tempat-Tempat Umum (TTU);

b.            Seksi Penyehatan Makanan dan Minuman; dan

c.             Seksi Penyehatan Lingkungan Pemukiman dan Kualitas Air.

(1)     Seksi Penyehatan Tempat - Tempat Umum (TTU) mempunyai tugas :

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Penyehatan Lingkungan;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Penyehatan Lingkungan;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       mengumpulkan dan mengklasifikasikan data tempat-tempat umum dan industri ;

g.      melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis, pengawasan dan pemeriksaan Tempat Tempat Umum dan industri ;

h.      melaksanakan inspeksi sanitasi kolam renang dan pemandian umum ;

i.        memberikan laik sehat kolam renang, pemandian umum dan hotel ;

j.        mengambil sampel air kolam renang untuk pemeriksaan laboratorium ;

k.      melaksanakan pemeriksaan sanitasi Tempat Tempat Umum ;

l.        mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

m.    melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(2)     Seksi Penyehatan Makanan dan Minuman mempunyai tugas:          

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Penyehatan Lingkungan;

b.      menyusun laporan hasil  kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Penyehatan Lingkungan;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       melaksanakan bimbingan teknis / supervisi dan evaluasi program ;

g.      mengadakan penyuluhan, pembinaan, dan pengawasan  terhadap rumah makan dan restoran, jasa boga, Pangan-Industri Rumah Tangga (P-IRT), kantin sekolah, sentra makanan jajan dan Tempat Pengolahan Makanan (TPM) lainnya;

h.      melaksanakan kegiatan lintas program maupun lintas sektor;

i.        melaksanakan validasi data program ;

j.        mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

k.      melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(3)     Seksi Penyehatan Lingkungan Pemukiman dan Kualitas Air mempunyai tugas :     

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Penyehatan Lingkungan;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Penyehatan Lingkungan;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       melaksanakan pembinaan petugas sanitasi puskesmas dan kader kesehatan lingkungan ;

g.      melaksanakan pengawasan kesehatan lingkungan pemukiman ;

h.      menyiapkan sarana dan mengambil sampel air, badan air, air  limbah dan mengirimnya ke laboratorium;

i.        membuat analisa hasil pemeriksaan sampel air, air limbah ;

j.        mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data kualitas udara, debu dan kebisingan terkait dengan dampak kesehatan masyarakat ;

k.      merencanakan dan melaksanakan pembinaan penanggulangan dampak pencemaran ;

l.        melaksanakan pengukuran kepadatan lalat di TPS, transper depo dan TPA ;

m.    melaksanakan  penyemprotan  lalat di TPS, transper depo dan TPA ;

n.      melaksanakan pendataan dan pembinaan pemukiman kumuh;

o.      melaksanakan pendataan dan pembinaan tempat pengelolaan pestisida ;

p.      melaksanakan pemeriksaan cholenestrase darah bagi pemakai dan pengelola pestisida ;

q.      melaksanakan pengaturan, pembakuan dan pengawasan  kualitas air ;

r.        melaksanakan penyuluhan dan perbaikan kualitas air ;

s.       melaksanakan penyediaan dan pengembangan peralatan perbaikan kualitas air;

t.        melaksanakan penyediaan dan pengembangan sarana dan prasarana kualitas air ;

u.      melaksanakan pengembangan dan pemantapan informasi penyehatan air ;

v.      mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

w.    melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(F)   Bidang Bina Pelayanan Kesehatan mempunyai tugas :

a.       menyiapkan rencana kegiatan Bidang sebagai bahan penyusunan Program  Kerja Dinas Kesehatan;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Bidang sebagai bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban kinerja Dinas Kesehatan;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       melaksanakan pembinaan pelayanan rumah sakit, puskesmas, upaya kesehatan khusus dan kefarmasian;

g.      melaksanakan pembinaan upaya pelayanan kesehatan dasar dan rujukan ;

h.      mengkoordinasikan upaya pelayanan kegawatdaruratan di bidang kesehatan;mengkoordinasikan pelayanan, pembinaan dan pengawasan perijinan di bidang kesehatan;

i.        mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

j.        melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Bidang Bina Pelayanan Kesehatanterdiri dari :

a.             Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar;

b.            Seksi Pelayanan Kesehatan Khusus dan Rujukan; dan

c.             Seksi Pelayanan Perijinan dan Perbekalan Kesehatan.

(1)         Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar mempunyai tugas :

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Pelayanan Kesehatan ;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Pelayanan Kesehatan ;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       menyelenggarakan/melaksanakan safari kesehatan ;

g.      merencanakan dan mengkoordinir pemeriksaan kesehatan tenaga lapangan pada SKPD yang membutuhkan;

h.      menyelenggarakan pertemuan berkala pengelola program puskesmas;

i.        melaksanakan pengkajian asuhan keperawatan keluarga dan masyarakat ;

j.        melaksanakan pembinaan puskesmas dan tenaga kesehatan puskesmas ;

k.      melaksanakan pembinaan/supervisi ke Puskesmas dan Puskesmas Pembantu ;

l.        merencanakan dan mengadakan kebutuhan alat medis puskesmas ;

m.    melaksanakan pembinaan dan pengawasan pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas dan puskesmas pembantu ;

n.      merencanakan, melaksanakan, membina, monitoring dan evaluasi Sistim Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas ;

o.      melaporkan hasil kinerja puskesmas se Kota Denpasar dan menyebarluaskan informasi di bidang kesehatan ;

p.      mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan ;

q.      melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(2)         Seksi Pelayanan Kesehatan Khusus dan Rujukan mempunyai tugas:

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Pelayanan Kesehatan ;

b.      menyusun laporan hasil  kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Pelayanan Kesehatan ;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       melaksanakan koordinasi pelayanan kegiatan P3K dan kegawatdaruratan di bidang medik;

g.      melaksanakan pengumpulan, pengolahan, dan analisa data pelayanan rumah sakit ;

h.      melaksanakan pembinaan pelayanan rumah sakit ;

i.        melaksanakan pemantapan program evaluasi rujukan medik dan rujukan puskesmas ;

j.        merencanakan, melaksanakan, membina, dan mengevaluasi, Upaya Kesehatan Kerja , mata, jiwa, haji, gigi mulut, serta program laboratorium puskesmas  ;

k.      mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

l.        melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(3)     Seksi Pelayanan Perijinan dan Perbengkelan Kesehatan mempunyai tugas :   

a.       menyiapkan rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Bidang Bina Pelayanan Kesehatan;

b.      menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Bina Pelayanan Kesehatan ;

c.       mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;

d.      memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;

e.       memeriksa hasil kerja bawahan;

f.       memproses permohonan rekomendasi ijin rumah sakit ;

g.      melaksanakan rekapitulasi dan verifikasi laporan LPLPO puskesmas ;

h.      melaksanakan pemantauan persedian obat di UPT Pengawasan Farmasi dan Makanan, dan seluruh puskesmas;

i.        melaksanakan perencanaan kebutuhan obat di Puskesmas dan puskesmas pembantu ;

j.        mengadakan obat-obatan untuk operasional puskesmas dan puskesmas pembantu ;

k.      mengadakan pembinaan dan pengawasan tenaga dan sarana pelayanan kesehatan ;

l.        memproses perijinan dan tanda daftar di bidang tenaga dan sarana kesehatan ;

m.    mengadakan pertemuan rutin petugas pengelolaan obat puskesmas dan puskesmas pembantu ;

n.      melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan analisis data penggunaan obat di puskesmas ;

o.      mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;

p.      melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.


Video
No Video.
Facebook
Twitter