Baca Berita

PENILAIAN PUSKESMAS BERPRESTASI TINGKAT PROVINSI BALI

Oleh : seknid | 10 Juli 2017 | Dibaca : 220 Pengunjung

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerja. Mutu pelayanan kesehatan di puskesmas ditentukan oleh puskesmas yang terakreditasi, tenaga kesehatan yang profesional sesuai kompetensinya dan upaya-upaya inovasi  yang  dilaksanakan oleh puskesmas untuk meningkatkan prestasi kerja.

Tenaga kesehatan di puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki andil yang sangat besar dalam meningkatkan derajat kesehatan dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif disamping upaya kuratif dan rehabilitatif. untuk berperan dalam menyehatkan masyarakat di wilayah kerja dan masyarakat disekitar tempat tinggal, tenaga kesehatan dituntut bekerja sungguh- sungguh sesuai dengan standar baik di dalam maupun  di luar gedung puskesmas   meskipun dengan segala keterbatasan yang dimiliki. meningkatnya derajat kesehatan masyarakat tidak terlepas dari semangat pengabdian atau dedikasi yang tinggi dari tenaga kesehatan yang bekerja di puskesmas.

Puskesmas 1 Denpasar Timur yang sudah terakreditasi Utama mewakili Kota Denpasar dinilai oleh tim penilai dari Provinsi Bali pada tanggal 7 Juli Katagori Puskesmas Perkotaan . Program Inovasi adalah “ Sehatkan Jiwa Raga di Rumah Berdaya” adalah integrasoi program kesehatan jiwa dan perkesmas, Kesehatan Kerja dan PTM. Inovasi yang lain adalah “Paket Pelayanan Kesehatan Reproduksi Terpadu Plus CTIG (Cepat Tanggap Intervensi Gizi) merupakan integrasi 7 program yaitu Kes Ibu,Kes Anak,Kes Remaja,KB,Penyakit Menular Seksual,HIV/AIDS,Lansia Dan Gizi masih ada lagi untuk program Gizi adalah “Poding Kelor Kaya Gizi dan Inovasi Program DBD adalah “Rumahku tanggung jawabku” ini adalah membentuk jumantik disetiap rumah.Hampir semua program membuat program inovasi untuk percepatan pencapaian target agar SPM (Standar Pelayanan Minimal )bisa tercapai.

Pemerintah Kota Denpasar  menyambut baik penilaian puskesmas berprestasi sehingga puskesmas tidak cukup hanya terakreditasi tapi harus berupaya menciptakan kegiatan-kegiatan inovasi untuk pencapaian kinerja. Melalui sambutan bapak Kali Kota yang diwakili oleh Bapak Sekda  disampaikan kepada ketua tim penilai dan anggota agar memberikan  bimbingan, pendampingan dan arahan kepada Puskesmas 1 Denpasar Timur sehingga bisa mewakili Provinsi Bali di Tingkat Nasional seperti 3 puskesmas Kota Denpasar terdahulu yaitu Puskesmas 2 Densel tahun 2013,Puskesmas 4 Densel tahun 2015,Puskesmas 2 Denbar tahun 2016.     Semoga kerja keras yang dilakukan oleh tim pendamping dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar dapat memberikan hasil yang terbaik.


Oleh : seknid | 10 Juli 2017 | Dibaca : 220 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Video
No Video.
Facebook
Twitter