SAFARI KESEHATAN DALAM RANGKA HKN (HARI KESEHATAN NASIONAL) KE-54 TAHUN 2018

  • 03 September 2018
  • Oleh: seknid
  • Dibaca: 787 Pengunjung

Dalam rangka HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke-54 tahun 2018, Pemerintah Kota Denpasar menggelar 11 (sebelas) kali Safari Kesehatan yaitu kegiatan pemberian pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan Paripurna kepada masyarakat, tidak hanya Upaya Kuratif (pengobatan) tetapi lebih terfokus pada Upaya Promotif dan Preventif (pencegahan penyakit). Kegiatan ini dikoordinir oleh Dinas Kesehatan Kota Denpasar dan Puskesmas yang mewilayahi masing-masing desa/kelurahan serta bekerjasama dengan lintas sektor terkait.

Jenis layanan yang ada pada kegiatan Safari Kesehatan antara lain : Puskesmas bertugas memberikan promosi kesehatan dan pelayanan kesehatan umum lengkap dengan obat ; The John Fawcett Foundation Indonesia bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kacamata gratis, screening dan operasi katarak ; Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali bertugas melakukan pemeriksaan THT dan Fisioterapi ; Klinik Swasta bertugas melakukan pemeriksaan laboratorium seperti cek kolesterol, cek asam urat, dan cek gula darah ; serta BPJS Kesehatan Cabang Denpasar bertugas memberikan sosialisasi kepesertaan JKN.

Safari Kesehatan dilaksanakan pada Selasa, 21 Agustus 2018 di Banjar Semila Jati, Jalan Wibisana Barat, Desa Pemecutan Kaja, Denpasar Utara. Promosi Kesehatan dan pelayanan kesehatan umum lengkap dengan obat diberikan oleh Puskesmas II Denpasar Utara dengan jumlah pasien umum yang dilayani sebanyak 132 orang. The John Fawcett Foundation Indonesia melakukan pemeriksaan kesehatan mata sebanyak 256 orang dan pemberian kacamata gratis sebanyak 190 buah, Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali melakukan pelayanan Fisioterapi sebanyak 11 orang, Klinik Bina Usada melakukan pemeriksaan laboratorium berupa cek asam urat dan gula darah sebanyak 74 orang, serta BPJS Kesehatan Cabang Denpasar melakukan sosialisasi kepesertaan JKN kepada masyarakat.

Bapak Walikota Denpasar didampingi Bapak Camat Denpasar Utara dan Aparat Desa Pemecutan Kaja sangat mendukung kegiatan ini untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan di Kota Denpasar. Masyarakat tampak sangat antusias dengan adanya Safari Kesehatan dan adanya kerjasama yang baik dengan lintas sektor terkait seperti Kepala Desa, Kelihan Banjar, Ketua PKK beserta Kader Posyandu. Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar menjelaskan bahwa masih ada 9 kali kegiatan Safari Kesehatan dalam rangka HKN ke-54, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kota Denpasar.


  • 03 September 2018
  • Oleh: seknid
  • Dibaca: 787 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

dr. Luh Putu Sri Armini, M.Kes

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Kesehatan Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?